Thursday, June 27, 2013

Cinta Untuk Almira


Kedipan genit Blackberry membuat saya terpaksa menyentuh benda yang kian jarang saya sentuh itu. Pesan dari Mama Bara, berisi link dan icon sedih. Saya buka link itu, dan terlihatlah foto bayi montok dengan leher terbuka di FB. Iya. Terbuka. Seperti (maaf) digorok. Lalu bagaimana kita bisa diam setelah melihat foto itu?

Foto FB yang saya lihat adalah postingan teman Sylvi, bunda dari Almira Ramadhani Uzma, bayi tersebut. Setelah saya telurusi komen di foto tersebut, ternyata ada akun FB Sylvi. Saya baca timeline Sylvi dan mengikuti perkembangan Almira sembari ikut merasakan duka sang bunda. Ia bercerita tentang Almira yang harus dikemoterapi karena penyakit leukimia. Tentang keputusannya membawa pulang Almira dari rumah sakit karena kehabisan biaya. Tentang beratnya beban yang ia rasakan dan keputusasaan. Usahanya mencari pinjaman yang gagal... Duh... Yang paling membuat saya sedih adalah ceritanya ingin mengakhiri hidup. Ya, kadang saat kita merasa terhimpit, satu-satunya jalan keluar yang kita lihat adalah pulang. Kembali ke Pencipta. Namun tidak dengan mati, Sylvi... Dengan sujud :)

Jadi kemarin, Kamis, 27 Juni 2013, saya putuskan untuk ke Bandung menjenguk Almira. Di perjalanan saya telpon Sylvi dan mendapat ijinnya untuk menjenguk sekaligus menyebarkan berita tentang Almira agar banyak yang membantu. Sayangnya, Sylvi sudah harus kembali ke kantor. Sama seperti suaminya,  Iman Suherman, Sylvi bekerja sebagai buruh pabrik. Ia di pabrik sepatu sementara suaminya di pabrik tissue. Ia sudah sempat mengambil cuti 2 bulan untuk menunggui Almira di RS. Sementara ini yang menemani Almira adalah ibunda Sylvi, Bu Lisna.

Siang itu RSIA Hermina, Pasteur, Bandung terlihat penuh. Saya langsung menuju lantai 3 dan bertemu dengan Bu Lisna yang masih muda dan ramah. Saya tertegun melihat ketegaran seorang perempuan. Di bibirnya ia tersenyum dengan gurat pedih jelas terlihat di mata. Saya lihat di ranjang Almira bangun dan melihat dengan mata ingin tahu :)

Kami saling memandang, lalu Almira mengeluarkan bunyi-bunyi kecil, seperti erangan putus-putus. Tampaknya ia ingin mengadu bahwa lehernya yang diperban sakit sekali. Pipinya yang keras dan lucu juga sakit sekali. Tiap kali neneknya menyentuh pipinya itu dia menangis pelan. Tangannya diinfus, kakinya juga penuh luka. Kasihan sekali kamu, Nak :(

Almira, 27 Juni kemarin. Semangat ya, Nak :) 
Almira bersama Nenek, Bu Lisna yg tabah
"Almira ini kuat sekali. Bayangkan, dengan leher bolong seperti itu, tangan diinfus, bokong yang juga bolong, namun kalau saya mengajaknya bermain, dia masih bisa joget-joget. Saya nyanyi untuk dia, tapi perlahan air mata saya mengucur..." bu Lisna mengambil tissue. Saya tidak bisa berkomentar apa-apa. Hanya elusan di punggung, semoga bisa meringankan beban rasa.

Leher yang bolong karena infeksi :,((

Melihat video dan foto-foto yang tersimpan di ponsel bu Lisna, sungguh tak tega. Ada video yang jelas menunjukkan leher Almira yang banyak nanahnya, mata Almira yang bengkak juga karena nanah, dan bokong Almira yang luka seperti bolong, ada daerah hitam yang ternyata merupakan kulitnya yang sudah mati. Saat mengobrol dengan Bu Lisna, seorang dokter masuk untuk memeriksa telinga Almira dan memberitahu kalau gendang telinganya pecah. Astaghfirullah... :( 

Kondisi tubuh Almira memang drop karena menerima chemo dosis tinggi. Kulitnya infeksi, itu yang menyebabkan leher dan bokongnya luka. Saya sungguh tak tega membayangkan penderitaan bayi 10 bulan itu...

"Dia harus 2,5 tahun menjalani pengobatan kemoterapi, Mbak," cerita Bu Lisna. Banyak harta mereka sudah dijual untuk dana tambahan Almira. TV pun mereka tak punya lagi. Setiap hari ada resep yang harus ditebus. Tentu saja gaji orang tua Almira tak cukup untuk pengobatannya. Awalnya Almira mereka bawa ke rumah sakit negri, namun dari subuh mereka di sana hingga sore hari, tidak ada yang mau melayani dan membantu. Selalu disuruh tunggu dan tunggu. Karena kondisi Almira yang sudah turun, akhirnya atas saran seorang dokter Almira dibawa ke RS Hermina, Pasteur. 

Karena air mata dan rasa kasihan saja tidak menyelesaikan masalah, maka mari kita bantuin Almira, yuk! :)

1. Sumbang uang semampunya. InshaAllah mampu kok! Meski mungkin terasa berat karena diri sendiri banyak kebutuhan, tapi yakinlah, Allah SWT akan mengganti dengan berlipat. Ini kesempatan kita membersihkan harta. Uang cuma titipan, banyak hak orang lain di sana :) Silahkan salurkan ke Almira yang benar-benar butuh bantuan. Dibanding habis dipakai belanja atau jajan di cafe, kebahagiaan fana yang belum tentu manfaat. 

2. Doakan Almira. Sebut namanya dalam sujudmu, ingat dia ketika kau mengadu pada Tuhan. Mohon doakan kesembuhannya agar Almira lekas sehat dan bisa bermain lagi. Kekuatan doa itu luar biasa!

3. Sebarkan berita. Gunakan jejaring sosial seperti Twitter, FB, BBM, Mailing list, dan lain-lain. Bisa jadi kita hanya punya sedikit harta untuk membantu Almira, namun ada teman yang rejekinya lebih banyak dan ingin membantu. Jangan ragu mengajak kebaikan :) Benih kebaikan akan tumbuh menjadi pohon harapan, dan berbuah cinta yang membuat dunia tempat yang indah untuk ditinggali. 

Berikut adalah nomor rekening bank Sylvi, mama Almira.
Bank Mandiri Cabang Pupuk Kujang Cikampek
Sylvi Imbarawati
1320011474450
Almira belajar berjalan :)
Si cantik seperti boneka 

============================================================

Nama saya Azza Waslati. Dengan ini saya menjamin ini bukan berita hoax atau bohong. Saya sudah bertemu langsung dengan Almira dan neneknya, Ibu Lisna. Saya pun sudah ijin melalui telpon pada bunda Almira, Sylvi untuk menulis blog ini.

Tidur tak nyaman membayangkan banyak saudara-saudara kita yang menderita. Ada andil kita dalam kesengsaraan itu. Apa yang kita lakukan untuk meringankan beban mereka? Bisa jadi sekarang kita bisa nyaman menikmati semua kelebihan yang kita miliki, namun siapa menjamin besok-besok kita tidak mengalami hal yang sama? Saya doakan teman-teman semua selalu memiliki rejeki berlebih agar bisa bermanfaat bagi sesama, dilimpahi hati yang lapang, agar tenang, bahagia dan banyak pahala yang bisa menjadi tabungan di kehidupan selanjutnya :) 

Saya tidak mempublikasikan nomor keluarga Almira karena tidak ingin mereka terganggu dan bisa fokus merawat Almira. Namun bila ada yang benar-benar membutuhkannya, silahkan email saya ke bantuinyuk@gmail.com. Dengan izin mereka, akan saya berikan nomor ponselnya. Saya menganjurkan teman-teman untuk datang langsung ke RS dan memberi dukungan moral bagi Almira juga keluarga. Memiliki teman berbagi duka bisa memberi tambahan tenaga agar bisa bertahan hingga esok.

Let's save humanity, show love and compassion.

-Azza-

----------------------------------

UPDATE

Kemarin sore saya mendapat kabar duka dari Ibu Lisna, nenek Almira. SMS darinya memberitahu bahwa Almira telah meninggal dunia. SMS itu masuk jam 6 sore.

"Inalillahiwainalillahi Roziun Almira udh di panggil 4JJ. Nanti bangun dy Di Syurga"

Terima kasih sudah membantu Almira berjuang hingga akhir. Terima kasih telah menjadi sandaran bagi ayah dan bunda Almira di saat paling sulit dalam hidup mereka.
Semoga kebaikan menyertai kalian semua.
Almira tidak kesakitan lagi. Almira sudah bahagia di pelukan Penciptanya.


81 comments:

  1. Ahmad: senang sekali kl saya dibantu :) terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. Fitri: Silahkan :) Mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
  3. saya share di twitter ya. Semoga almira baik-baik saja.

    ReplyDelete
  4. Mba Azza,izin share ya... Sedih banget ngebayangin kondisi Almira spt itu,apalagi saya punya baby seumuran Almira.. Semoga Tuhan beri yang terbaik buat Almira dan keluarganya. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Mba Azza..aku udah sempet baca kemarin dari fb juga..... tapi aku izin share blognya yaa....Alloh SWT pasti berikan jalan yang terbaik buat umat-Nya...

    ReplyDelete
  6. Mbak, ijin share yaaa.... :) ga tega ngeliatnya :(

    ReplyDelete
  7. ijin share.... krnya Tuhan memberikan kekuatan dan ketabahan kepada keluarga khususnya Anak Almira

    ReplyDelete
  8. Izin share ya, Mbak. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. semoga cepat diberi kesembuhan,, dan cepat riang kembali
    aamiin...

    ReplyDelete
  10. Nangis sy mbacanya, Mbak! Trlebih stlh melihat foto2 Almira di kala msh sehat...

    ReplyDelete
  11. semoga Almira segera diberi kesembuhan :)
    mbak Azza, ini lokasi nya dimana ya? apa di Jakarta?

    ReplyDelete
  12. Ijin share mbak, tdk bisa berkata-kata melihat kondisi Amira, semoga Allah SWT memberikan kesembuhan kepada amira.

    ReplyDelete
  13. izin share y mba,
    jadi nagis inget sama anak d rumah,..........

    ReplyDelete
  14. izin share mba, minimal bantu doa dan share ke org byk..

    ReplyDelete
  15. Saya tau dia butuh banyak biaya dalam waktu cepat, karena keluarga saya pernah mengalaminya. Keponakan saya juga terkena leukimia saat sudah kuliah, dia pernah sampai tidak bisa bicara. Penyakit ini sudah sering dibicarakan orang hingga ada beberapa yang menganggapnya enteng, tapi penyakit ini tidak bisa ditunda pengobatannya. Pengobatan harus terus berjalan dan biayanya gak sedikit.

    Saya pengin bantu sedikit. Kebetulan saya punya beberapa produk kerajinan, saya pengin mengadakan Felt Craft for Charity lagi. Sebelumnya saya pernah mengadakan untuk Gempa Jogja. bisa cek di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.159400824097056.26401.106222382748234&type=3
    Sebenarnya waktu keponakan saya butuh biaya, saya juga ingin bikin charity lagi, tapi saya nggak enak hati.

    Semoga kali ini saya bisa mengadakan lagi. Mohon Bantuannya ya...
    Felt Craft For Charitynya nanti in syaa Allah diadakan di FB Fan Page duneeya
    kumpulin produk dulu, mohon doanya ya..

    Oya, bisa coba hubungi Yayasan Yasmia. Dulu keponakan saya dibantu mendapatkan obat-obat dengan harga lebih murah daripada di Rumah Sakit. dulu dia dirawat di RS.Elisabeth Semarang

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum...
    Mohon ijin utk di share ya.
    Mudah2an Almira cpt sembuh & keluarganya cepat dapat solusi.
    Amien...

    ReplyDelete
  17. izin share ya,,,smoga sang anak diberi kesembuhan untuk menjalani kehidupan normal seperti biasanya, AMIN

    ReplyDelete
  18. mohon maaf tanpa seizinnya, saya share ..

    ReplyDelete
  19. dear mba azza, ijin share ya..

    ReplyDelete
  20. mohon izin share mbak.........

    ReplyDelete
  21. boleh saya copas ke blog saya gak ?

    tapi ini gak hoax kan ? serius?

    aduh adekk, :'(

    ReplyDelete
  22. Terima kasih teman2 yg mau bantu share :) Semoga dibalas berlimpah ya :)

    ReplyDelete
  23. Apakah ini hoax atau bukan, silahkan cek ke RS Hermina, Pasteur, Bandung. Kl jauh, Google no tel nya lalu cek ada Almira kah di ruang 350, cek apa nama ibunya Silvy, spt rekening. Cek posting2 saya sebelumnya di blog ini. Jadi, sebaiknya biasakan pikir positif ya :) Kalau ragu, cari tahu dl dengan maksimal kebenarannya bagaimana.

    ReplyDelete
  24. Ya اللّÙ‡ِ , semoga diberikan kesembuhan yang sempurna utk Almira… amin

    ReplyDelete
  25. Ijin share ♈a , smoga almira bisa sehat dan bermain ℓåġȋ sprti anak" lainnya :)

    ReplyDelete
  26. Izin share ya mbak..Semoga cepat sembuh untuk almira.

    ReplyDelete
  27. selamat malam,, perkenalkan,, saya Adhizz dari Indigo Community,, bisa saya minta Contact Personnnya..??
    agar saya dan tim dapat membantu meringankan beban dari saudara kita..
    mohon balasan segera via email saya di

    adhizztsuyoshi@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Semoga dedek Amira lekas sembuh ya..sedih banget melihatnya..soalnya sy juga punya baby yang seumuran dengan dedek amira..

    ReplyDelete
  29. Ijin share mbak, smoga dgn bnyk yg mendoakan almira cepet sembuh dan sehat kembali, ♡☀Ã…♏iέN☀♡

    ReplyDelete
  30. izin share ...semoga dedek amira cepat sehat ya..amin..

    ReplyDelete
  31. Ijin share ke berbagai media social dan Mohon bantu di follow up ke Yayasan Dompet Dhuafa Jawa Barat

    Jl. HOS Tjokro Aminoto (Pasirkaliki) No 143 Bandung, dompetdhuafa.net

    ReplyDelete
  32. Izin share, semoga dede Almira cepat diberi kesembuhan, amiiin YRA ..

    ReplyDelete
  33. ijin share mb...
    smoga dgn share sebnyak2nya mjd bertambah pula doa & dana utk kesembuhan almira sayang...

    ReplyDelete
  34. ijin share, ya, mbak

    ReplyDelete
  35. mbak Azza, terima kasih untuk informasinya. btw bolehkah saya mengetahui contact dari Ibu Silvy? berikut adalah email saya. simbolon.andrew@gmail.com, terima kasih.

    ReplyDelete
  36. Izin share juga ya mbak, Insya Allah jalan terbaik buat dede Almira dan keluarganya diberikan. Aamiin

    ReplyDelete
  37. Pray for Almira..

    Izin share :)

    ReplyDelete
  38. yuk..bantu segera bayi cantik ini.bismillah..kuat ya Nak..:)

    ReplyDelete
  39. izin share ya.. aku ngga tega negliatnya.

    ReplyDelete
  40. izin share ya mbak ! Trima kasih sebelym nya
    Semoga almira lekas sermbuh dan bisa kembali ceria seperti anak yang lain nyaa
    Yang semangat ya sayang
    Untuk bunda dan keluarga nyaa Almira
    Yang sabar,yang kuat dan Semangat ya !!!

    ReplyDelete
  41. ijin share ya mb...
    tuk Almira, smoga lekas sembuh ya syang...doa kami selalu menyertaimu anakku syang...

    ReplyDelete
  42. dek, kamu yang terbaik untuk setiap orang yang membaca , amin...

    ReplyDelete
  43. astagfirullah, ga tega melihat bayi mungil almira.
    izin share ya mbak, semoga membantu.
    cepat sembuh almira sayang. amin
    dan keluarga diberikan ketegaran

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak betul itu nomor akunnya. Sudah banyak yg email ke saya beserta bukti kirim transfer mbak :) mungkin koneksi antar bank krn akhir bulan bermasalah? Terima kasih yaa

      Delete
  45. ijin share ya bun di fbku babybooth shop....smoga byk doa dan bantuan yg akan sedikitnya mengurangi beban si cantik almira dan keluarganya...amin

    ReplyDelete
  46. izin share & copas tulisannya ya mba...
    dari sini saya bisa belajar & bersyukur atas nikmat-Nya.
    semoga Allah SWT meringankan beban hidup Almira beserta keluarga, Amiin

    ReplyDelete
  47. Masya allah,,
    saya tidak mampu untuk membendung air mata, saat melihat tulisan ini.
    ijin share ya mb azza ;)

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah kemarin sempat nengok dede Almira. Begitu baca blog-nya mba Azza langsung meluncur ke Hermina sepulang kerja, kebetulan tempat kerja ga begitu jauh dari Pasteur. Sampai di Hermina, ketemu sama nenek dan om-nya Almira, Alhamdulillah kondisi Almira sudah lebih baik, sudah bisa ketawa. She is so gorgeous and tough. Semoga keadaan Almira terus membaik, sehat lagi seperti sedia kala. Semoga Allah memberikan jalan yang terbaik, mengangkat beban Almira dan keluarga. Amiin.

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah,,, dapat kabar baik. smoga trusss dann teruss baik ya dek almira..

    ReplyDelete
  50. Izin share y, semoga dek Almira bisa sembuh seperti anak2 yg lain, sungguh tak tega melihat anak sekecil ini harus menahan sakit. Insya Allah ada jalan dan pasti bnyk yg akan membantu.

    ReplyDelete
  51. Saya coba bantu dengan charity di link berikut ini.
    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.541536002550201.1073741830.106222382748234&type=1
    Hasil penjualan utk almira.

    Tolong dibantu ya. thx

    ReplyDelete
  52. Izin share mba...
    Mudah2an si cantik Almira di berikan kekuatan untuk kesembuhan'a....
    Aamiin....

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan padamu nak, sedih sy membacanya. Mudah2an saudara2 kita turut membantu.

    ReplyDelete
  55. Update dari mama Almira, Sylvi:

    "Alhamdulillah,dd udh ngoceh lg,bnyak maunya lg,tambah pinter (kalo ditanya gigi dia nyengir),.:-D
    tp kemoterapinya dr awal lg mbak,,pdhal brharap fase consulidation bisa lulus sprti yg lain. Almira ketinggalan :-(. Tp yg penting sembuh,sehat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak :) kemarin kami juga sudah telpon dr. Susy, dokter yang biasa menangani Almira.. katanya bukan dikemo ulang, tapi dosis kemonya diturunin, karena dengan dosis kemo yang sudah dijalani sebelumnya Almira ga kuat, menyebabkan kulit di seluruh tubuhnya jadi keluar bintik-bintik merah dan terakhir kami jenguk, ada seperti lebam-lebam di tangannya :( ..
      anyway, makasih sudah share ttg kondisi Almira kemarin. Kami jadi bisa membantu untuk sharing info & mengumpulkan dana dari kakak-kakak yang peduli dengan Almira di dalam komunitas We Care And Share :)

      Delete
  56. Maaph y mbk sy copy ini tanpa bilang2, salam kenal

    http://sasimie.wordpress.com/2013/07/03/cinta-untuk-almira/

    ReplyDelete
  57. aku juga izin share ya kak...aku gag tega ngeliatnya. makasih kak :)

    ReplyDelete
  58. aku izin share... aku share di FB ku.... aq jg cm bs bantu sedikit, maaf.... semoga Almira cepat sehat... :)

    ReplyDelete
  59. Mbak, bagaimana kabar Almira sekarang? kalau boleh email ke rifiraihan@yahoo dot com Terima kasih

    ReplyDelete
  60. Dear Mba Azza, ijin share ya mba, semoga adek Almira lekas diberikan kesembuhan dan diberikan kekuatan untuk keluarga adek Almira, Amiiin..

    ReplyDelete
  61. Mba Azza, boleh minta contact number nya, trima kasih.

    ReplyDelete
  62. Dalam hidup selalu ada kebahagiaan dan kesedihan, semua itu atas kehendak nya,,,ALMIRA adalah seorang anak yg tegar,solehah...semoga Allah SWT selalu mendampingimu dan menjagamu...

    ReplyDelete
  63. barangkali ada yang bisa bukakan akun di sini :

    http://gogetfunding.com/

    http://www.gofundme.com/

    ReplyDelete
  64. Selamat Malam mbak, saya ada transfer dana untuk Almira, memang tidak banyak, namun mudah-mudahan bisa membantu Almira n keluarga.
    Saya dengan kabar bahwa Almira meninggal kemarin.semoga keluarga yang ditinggalkan tabah n kuat.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete