Friday, November 30, 2012

A Miracle Called Cecilia

Update tanggal 26 Desember 2012:

Sesungguhnya kepunyaan Allah pasti akan kembali ke Allah...
Telah berpulang ke rahmatullah, Cecilia Putty Vickend.
Seorang gadis yang baik, yang hebat, yang mengajarkan tentang kebaikan, cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama. Seorang inspirator di saat sehat dan sakit.

Semoga Allah SWT melapangkan jalanmu, memelukmu erat di dalam kasih-Nya.
Saat ini Cecil sudah tidak kesakitan lagi :)
Mohon terima Cecil, ya Allah. Berikan ia tempat terbaik.
Ampun dosa-dosanya, terima segala pahalanya dan lipat gandakanlah ya Allah, karena dia telah menyentuh begitu banyak jiwa.

Maha Suci Allah dengan segala kehendak-Nya.
Sesungguhnya Engkaulah Raja di atas Raja, Pemilik Langit & Bumi serta segala isinya.
KuasaMu meliputi segala sesuatu, mohon kabulkanlah doa kami untuk Cecil.

Amin...

=====

30 November 2012

Apa yang ada di benak Anda, saat melihat seorang gadis 26 tahun menangis kesakitan namun berusaha untuk tersenyum? Dia tersengal tak bisa bernapas, namun dengan tegar membersihkan tenggorokannya sendiri yang bolong dengan selang untuk menghisap lendir yang membuatnya sulit bernapas?

Pemandangan itu sungguh nyata, dan terjadi di depan muka saya, kemarin malam.
Apa yang saya rasakan? Kemarahan. Marah karena saat itu saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk menolongnya. Juga merasa tak berdaya. Namun di depan komputer ini, saya berdaya. Ini cerita tentang gadis cantik yang baik hati bernama Cecilia Putty Vickend.

Seperti biasa, info saya dapatkan melalui email dan dimulai dengan "Dear Mbak Azza...". Kali ini email datang dari Dinda Poerbono @dindapoerbono. Ia bercerita bahwa temannya yang bernama Cecilia menderita kanker lidah stadium 4 dan saat ini membutuhkan bantuan.
Sebelumnya saya pun sudah tahu tentang Cecil dari teman saya Heri Purnomo, namun saya cek Twitter Cecil & blog-nya, saya kira dia sudah baik-baik saja. Tentunya sudah didampingi relawan. Apalagi setelah itu ada acara charity yang membuat dia diliput beberapa media. Karenanya sungguh kaget saat tahu dari Dinda bahwa Cecil di rumah karena terbentur biaya. How come??

Cecil selama 2 tahun menderita sariawan, namun berkali-kali ia cek ke dokter hanya dijawab itu adalah sariawan biasa. Setelah terlalu lama, akhirnya ada dokter yang berhasil menemukan bahwa itu adalah kanker lidah. Namun entah bagaimana, perawatan yang Cecil dapatkan setelah itu belum berhasil menyembuhkannya. Mulai dari chemo, herbal dan berbagai pengobatan alternatif.

Untuk detail tentang penyakit dan pengobatan yang telah Cecil alami, silahkan baca lengkapnya di postingan Cecil di blog Rumah Kanker. Saya tak ingin mengulas detail di sini, sebab secara medis, kronologis, saya tidak menguasainya. Selain itu ada liputan dari sebuah stasiun TV tentang Cecil seandainya teman-teman ingin melihat kondisi Cecil di akhir November 2012. Silahkan ditonton videonya di sini: Video Cecil. 

Capture video Cecil. Link ada di atas.


Saya hanya ingin berbagi bahwa Cecil ini hebat sekali! Di masa sehatnya, dia sering menolong anak-anak yang memiliki kesulitan fisik. "Cecil bahkan punya adik asuh," cerita Mama Cecil. "Tadi siang habis dari RS karena kondisi Cecil nge-drop, ia tetap ingin bertemu anak-anak yatim karena memang ada acara berbagi bersama mereka.". Sungguh saya kagum, sebab saya sendiri kalau sedang sakit boro-boro tersenyum apalagi berbagi, inginnya sembunyi di balik selimut dan tidur.
Namun Cecil? Saat jam 8 malam itu kami bertemu, dia sedang kesakitan, namun begitu melihat wajah saya, ia langsung tersenyum sambil menghapus air matanya. Dia hebat sekali! Saat itu juga saya berharap memiliki keajaiban untuk menghilangkan rasa sakitnya. Kalau saya tidak bisa menyembuhkannya, setidaknya membantu dia agar sakitnya tidak terasa begitu hebat, sehingga membuat dia bergetar dan menangis.

Wajah Cecil terlihat bengkak. Namun meski begitu, masih terlihat kecantikannya :) Apalagi sinar matanya yang terlihat indah. Anda harus melihatnya sendiri untuk mengerti.
Saat saya datang, dia sempat berkali-kali mengisyaratkan (karena ia tak lagi bisa bicara) tidak kuat lagi dan ingin pergi ke RS.  Namun Mamanya menawarkan oksigen dan memintanya untuk tenang. "Bukannya saya nggak mau antar di ke RS, namun kami tiap hari ya seperti ini. Ke RS juga penanganannya sama, diberi oksigen juga. Ini kemungkinan karena psikis. Jadi dia panik, saya pun bisa terbawa panik," Mama Cecil terlihat begitu letih. Bisa jadi karena ia hanya menangani Cecil sendirian. Tanpa pembantu atau perawat. Padahal, merawat Cecil bukanlah hal yang mudah. Memberi oksigen, membersihkan selang untuk menyedot lendirnya, mengangkat Cecil saat ia harus pindah ke kursi roda atau ke ranjang, memblender makanan untuk Cecil, dan masih banyak lagi.

Kondisi fisik Cecil sekarang belum begitu bagus. Belum, sebab saya yakin dia akan berjuang dan menang (amiin ya Allah, amiin...). Pahanya sebesar lengan saya, kuruuus sekali. Kalau biasanya dia bisa menulis, akhir-akhir ini dia sering lemas dan bahkan untuk menulis pun sulit. Lidahnya membengkak, mengakibatkan mulutnya sulit tertutup. Untuk makan sekarang Cecil menggunakan selang melalui leher.

"Seandainya ada rejeki Cecil, ingin sekali dia bisa mendapatkan pengobatan yang tuntas. Dalam arti, supaya dia bisa benar-benar sembuh. Kasihan sekali melihat dia seperti sekarang," mata Mama Cecil terlihat tergenang air mata.

Saya browsing tentang Cecil dan terdapat beberapa blog yang bercerita tentang betapa baiknya perempuan cantik satu ini. Ada seorang yang bercerita bahwa Cecil sering membayari SPP-nya saat SMA, memberinya uang untuk ikut study tour tanpa orang tersebut tahu. Ada juga yang bercerita bahwa meskipun sakit, Cecil selalu tersenyum, tegar, dan tak pernah ragu menolong orang lain. Ia senang terlibat kegiatan sosial. A miracle called Cecilia, I say :)

========

Teman-teman, dulu di saat sehatnya Cecil sering menolong anak-anak yang berkebutuhan khusus, mengunjungi pasien kanker dan anak yatim. Bisakah kita, di saat Cecil sakit dan tak berdaya seperti sekarang, membantunya agar bisa segera sembuh dan kembali melakukan aktifitas sosial yang ia cintai? Bantuin Cecil yuk!

1. Perawat. Apakah Anda perawat atau memiliki kelebihan dana untuk menyewakan Cecil perawat? Saya pikir itu yang paling ia butuhkan saat ini selain dana. Mama Cecil yang letih tentunya akan sangat terbantu bila ada orang yang bersedia membantunya.

2. Bantu Dana. Dengan adanya uang, tentunya Cecil akan lebih leluasa berobat, dan yang penting: tuntas pengobatannya. Saya mengharapkan Cecil bisa mendapat perawatan terbaik. Semoga teman-teman mau menyisihkan dana, berapa pun jumlahnya untuk membantu Cecil agar bisa mendapatkan pengobatan. Jangan pernah merasa sumbanganmu terlalu kecil, sebab kita melakukan ini bersama-sama :) Dan jangan ditunda ya? Cecil membutuhkan perawatan secepatnya.

Bantuan untuk Cecil bisa ditransfer langsung ke Mama Cecil:
Devie Brigida 
BCA 625 003 2046 Cabang Joglo, Jakarta

3. Sebarkan berita. Beri kesempatan pada teman kantor, teman sekolah, keluarga, dan siapa pun yang Anda kenal untuk membantu Cecil. Kita mungkin hanya bisa mentransfer Rp 100 ribu, namun siapa tahu teman kita memiliki rejeki lebih banyak sehingga dia bisa transfer Rp 1 juta. Hanya dengan men-share link blog ini melalui Twitter, FB, Path, BBM, BBG, Email atau milis, Anda sudah sangat amat berjasa membantu Cecil.

4. Doakan. I don't believe in fairy tales, but I do believe in miracles. Doa sangatlah kuat. Doa kita yang tulus memohon agar Cecil disembuhkan, tentulah didengar oleh Pemilik Jagad Raya ini. Jangan letih, jangan bosan, doakan Cecil dalam doamu, sholatmu, ingatmu. Karena dalam tiap doa yang kau ucapkan, doa yang sama pula diberikan malaikat untukmu.

Teman-teman, untuk ke sekian kalinya saya memohon; Cecil butuh uluran tangan kita. Butuh kehangatan kasih sayang kita. Butuh komitmen kita untuk menolongnya melalui masa-masa sulit ini. Bisa jadi kesembuhannya ada di keikhlasan kita menolongnya. Bisa jadi Anda adalah jalan yang dituliskan Tuhan untuk menyembuhkannya. Karena itu, yuk bergerak! Yuk bantuin Cecil! Semoga Tuhan membalas semua kebaikanmu dengan berlimpah, melindungimu, orang-orang yang kau cintai dan keluarga.

========

Semua cerita ini adalah benar, bukan hoax. Saya, Azza Waslati saat ini adalah konsultan kreatif untuk digital agency. Saya sebelumnya juga merupakan VP Marketing & Sales untuk Solvo (solvo.co.id), Marketing Director untuk Dealkeren.com, Creative Director untuk m-STARS, dan wartawan di Her World, Cita Cinta, MTV Trax magazine, Bintang Millenia. Mantan Penyiar radio di MGT FM Bandung, X Radio Bandung, dan produser di Hard Rock FM Bandung.

Saya sudah mendapat ijin Mama Cecil untuk menulis tentang Cecil di blog ini, agar semakin banyak orang yang mau membantu Cecil. Relawan untuk Cecil (karena saya memegang beberapa keluarga untuk didampingi) adalah Dinda yang merupakan teman Cecil dan memberitahu saya tentang kondisinya. 

Selanjutnya untuk update tentang Cecil silahkan lihat di Twitter Dinda (@dindapoerbono) atau telpon langsung Dinda di 0817-718-732. Saya tidak membagi nomor HP Mamanya Cecil sebab saat ini pun beliau sudah terlalu letih mengurus Cecil. Untuk memberikan bantuan langsung, silahkan hubungi Dinda, dia akan memberitahu alamat & nomor telpon Mama Cecil.

57 comments:

  1. tulisan menarik a miracle called Cecilia

    ReplyDelete
  2. Semoga segera diberi kesembuhan untuk Cecil... Amiin

    ReplyDelete
  3. God bless Cecilia. Saya percaya keajaiban akan terjadi untuk jiwa secantik dia. Sending my prayers for her.

    ReplyDelete
  4. Hey cecil , ibuku juga menderita kanker. Melihat kau begitu kuat menghadapi ini , disaat yg bersamaan ibuku juga berjuang melawan penyakitnya. Kita menyayangi perempuan" hebat seperti kalian, tapi nampaknya allah lebih menyayangi kalian dibandingkan kami. Cecil jangan pernah menyerah dengan penyakitmu selama allah masih memberi kesempatan. Semangat cecil

    ReplyDelete
  5. prays for her,, agree with u "I don't believe in fairy tales, but I do believe in miracles" hope she will get the best way from Lord,, Amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, let's send prayers & love

      Delete
  6. terima kasih atas artikelnya ini..
    dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih sudah mau berbagi :D


    #Salam Silaturahmi dari saya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yousake, terima kasih sudah meninggalkan pesan. Salam :)

      Delete
  7. artikel yang menarik untuk dibaca . keep post sob :)

    ReplyDelete
  8. semoga lekas diberi kesehatan kembali oleh Allah SWT semangat terus Cecil>>>>>>>>>>>>>

    ReplyDelete
  9. Semangat cecil..ingatlah kesembuha ada di hati dan kyakinan kamu..jangan pernah menyerah

    ReplyDelete
  10. Kalau boleh tau dirawat di RS mana? :)

    ReplyDelete
  11. Semoga tuhan memberi jalan kesembuhan, semangat :)

    ReplyDelete
  12. Baru dapet kabar, Cecil dipanggil Allah :(

    Semoga diberi tempat terbaik disisiNya..

    Alfaatihah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga dia tenang di sisi Tuhan..
      Good Bye Cecil :(

      Delete
  13. Semoga cecil mendapat tempat terindah disisinya... selamat jalan cecil

    ReplyDelete
  14. istirahat yg tenang cecil...semua jasa2mu semasa hidup akan selalu ku kenang selalu

    ReplyDelete
  15. You are strong girl. Meskipun saya tidak kenal dengan Cecil, saya yakin Everyone very proud on you.. Semoga mendapat tempat terindah disisi-NYA. amin

    ReplyDelete
  16. semalam di rumah duka, sedih banget liat cecil sudah terbaring berselimut dengan kafan..Semoga amal ibadah dan jasanya semasa hidup mendapat tempat terindah disisi-Nya.. aminn

    ReplyDelete
  17. semoga amal ibadahx di terima di sisi allah

    ReplyDelete
  18. innalillahi wa innalillahi rojiun,,,semga cecil diterima d sisi allah...amin ya rabb

    ReplyDelete
  19. Selamat jalan mba cecil cantik
    Kebaikan mu akan tertinggal dan dikenang setiap orang
    Semoga amal ibadah alm. Mba cecil diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan yang luar biasa AMIN YRA ... We love you mba cecil

    Cantik mu sama dengan hati mu ... Allah lebih sayang mba

    ReplyDelete
  20. innalillahi wa innalillahi rojiun..
    bye bye little angle..

    ReplyDelete
  21. Innalillah wainna ilaihi roojiun,,,, smoga amAlxa diterima disisi Allah, mario kita renugkan kembali lagu raja dangdut Rhoma irama 'SEBUJUR BANGKAI'

    ReplyDelete
  22. innalillahi wa innailaihi rojiun, Allah Swt. sayng sama mba cecil jd membawanya kembali ke sisi-Nya...
    semoga Allah Swt. memberi tempat yg terbaik buat mba cecil, n buat keluarga yg di tinggalkan diberi ketabahan,,,aamiin

    ReplyDelete
  23. innalillahi wa innailaihi rojiun,,,slamat jalan mba' cecil,,mga tenang di alam sana.

    ReplyDelete
  24. innalillahi wa innailaihi rojiun,,,,
    slamat jalan Cecillia Putty Vickend
    karyamu aktingmu selalu di rindukan......

    ReplyDelete
  25. inalilahi wainailaihi rajiun . semoga amal ibadah nya di terima di sisi ALLOH SWT . amin


    ReplyDelete
  26. wanita yg hebat.....semoga damai di sisinya. aminnnn....

    ReplyDelete
  27. smoga amal ibadah "Cecillia Putty Vickend" diterima di sisi Allo SWT .Amin ya robbal alamin !

    ReplyDelete
  28. i wanna cry,, smoga diterima disisi Allah SWT, aminn

    ReplyDelete
  29. smoga amal ibadah "Cecillia Putty Vickend" diterima di sisi Allo SWT .Amin ya robbal alamin

    ReplyDelete
  30. aq barusan nemuin blogg nya cecil http://comicfacecomiclife.blogspot.com/2011_03_01_archive.html
    jdi kangen liat senyumnyaaa, apalagi pas dia ngikut di take me out

    ReplyDelete
  31. http://comicfacecomiclife.blogspot.com


    inalilahi wainailaihi rajiun..

    ReplyDelete
  32. Teman-teman, terima kasih komennya. Mohon terus doakan sahabat kita, Cecilia Putty Vickend, agar semakin lengkap kebahagiaannya di sana :)
    Melalui Cecil kita belajar banyak hal, tentang kasih sayang, perjuangan, kerja keras, dan semangat menolong dalam keadaan apapun. Sakit ataupun sehat, senang maupun susah. Semoga semakin banyak yang mau peduli sesama dengan membaca kisah Cecil.

    Let's save humanity. Show love and compassion.

    ReplyDelete
  33. td baca kalau cecil sempat membintangi beberapa sinetron ftv
    sedih juga rasanya saya baca artikel ini, meskipun saya tidak kenal lgs dengan orangnya.


    saya doakan semoga arwan Cecil diterima disisinya. AMIN....

    ReplyDelete
  34. Sumpah ampe nangis gw baca artikel ttg perjuangan cecillia..very touching..
    Allah yg memberi nyawa dan Allah jg yg mengambilnya..smoga amal ibadah ditrima di sisinya..amin ya rabbill allamin

    ReplyDelete
  35. Ya ALLAH Ya Robbi
    terimalah amal ibadah dan pahala serta ampunilah dosa saudara Kami, Cecilia.
    Hamparkanlah keberkahanMu dalam alam kuburnya, berikanlah kebesaran hati & ganjaran pahala yg berlimpah bagi semua pihak yang telah mengasihinya dengan berbagai upaya selama perjuangan penderitaannya & serta yg selalu mendoakan lebih khusus kepada ibundanya.
    Ya ALLAH, hanya Engkau yg kami sembah & yg kami panjatkan doa.
    Ampunilah kami yg dgn rahmahMu msh diberikan waktu utk bertobat & beribadah.
    Engkaulah Maha pengampun, ampunilah saudara kami tercinta cecilia & ampunilah kami.
    Semua adalah milikMu, Ya ALLAH.
    Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.

    ReplyDelete
  36. terharu
    orang yang baik, Insya Allah mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT
    selamat jalan cecil, semoga Allah menerima semua amal ibadah mu dan melapangkan jalan mu

    ReplyDelete
  37. selamat jalan kak cecil sayang..
    semoga amal ibadah di terima oleh ALLAH swt,, we love you kak cecil..
    innalillahi wa innailaihirojiuun..

    ReplyDelete
  38. Azza...Terima Kasih buat supportnya utk cecil juga... juga semua teman2 yg sudah bantu doa & support utk Cecil ... :)

    ReplyDelete
  39. Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun..Selamat jalan wahai Bidadari Allah..Semoga kebaikanmu mendapatkan balasan terbaik di sisi Allah SWT, diberikan kesabaran untuk Ibunda & ayahnya..Yaa Allah terimalah bidadari ini di tempat terbaik disisi Mu..Ampuni segala khilafnya, jadikan ia Bidadari di surgaMu & kekal abadi di dalamnya..Amin Yaa Allah Yaa Robbal Aalamiin..

    ReplyDelete
  40. Sayang sekali aku baru liat kabarnya sekarang, setelah mba Cecilia ga ada :( . Salam buat mamanya Cecil yang tabah ya tante

    ReplyDelete
  41. selamat jalan cantik.Allah sangat menyayangimu,buat mama cecil, sabar ya........

    ReplyDelete
  42. Selamat jalan sahabatku yang cantik, sampai bertemu kembali suatu saat nanti...

    ReplyDelete
  43. innalillahi wa inna ilaihi rojiun...

    Selamat jalan saudariku yang baik hati, Cecillia Putty Vickend,
    dibalik senyummu yang tulus itu sungguh engkau menyembunyikan kesedihan dan penderitaan, bahkan mungkin engkau adalah orang yang paling sedih dan menderita diantara orang2 disekitarmu, akan tetapi engkau tetap tegar, sabar dan mencoba untuk tetap tersenyum...
    Engkau selalu berbagi dengan orang2 yang menderita, karena engkau tahu arti sebuah penderitaan dan tidak ingin orang lain menderita seperti halnya dirimu.....

    Engkau adalah orang yang menginspirasiku betapa bahwa waktu itu adalah sesuatu yang sangat mahal dan lebih berharga dari apapun, memanfaatkan waktu dengan menjadi orang yang baik seperti halnya dirimu, tetap sabar ketika mendapatkan cobaan, dan mensyukuri kehidupan kita dengan berbuat kebaikan (amal shalih), karena tujuan kita sesungguhnya bukanlah hidup di dunia yang fana ini akan tetapi dunia hanyalah sebagai penghantar kita menuju KeridhaanNya dan surgaNya........

    Semoga Allah mengampuni dosa-dosamu, menerima amal ibadahmu, melapangkan dan menerangi kuburmu, dan memberikan tempat kesudahan yang baik bagimu yaitu surgaNya, yang mana tidak akan ada lagi kesedihan bagimu.....tidak ada lagi kesepian....tidak ada lagi penyesalan....tidak ada lagi rasa sakit...dan tidak ada lagi penderitaan............
    Doaku selalu menyertaimu sahabatku, saudariku, dan inspirasiku......Selamat Jalan.....!!

    ReplyDelete
  44. Menyesal setelah tau kalau beliau sudah pergi... padahal berita penyakitnya baru saja saya baca... Selamat Jalan, Semoga tenang di sisi-Nya..

    ReplyDelete
  45. Hai, Cecilia, engkau memang sudah tidak di samping kami, namun engkau telah memberikan inspirasi bagi kami semua, terutama kami yang menderita penyakit kanker lidah. Sungguh, perjuanganmu telah menyadarkan kami bahwa apa pun bentuk rasa sakit itu harus kita lawan, sampai kita benar-benar sembuh atau bahkan sampai meninggal dunia...
    terima kasih atas inspirasinya...

    ReplyDelete
  46. hemh,,, mungkin klw saya lebih baik no komen aja ah,,,

    ReplyDelete
  47. aku suka kata-kata awalnya "Sesungguhnya kepunyaan Allah pasti akan kembali ke Allah..." great article :)

    Rumah Dijual

    ReplyDelete
  48. selamat jalan smoga Allah Subhanahuwata'ala mengampuni segala dosa dan menerima segala amal dan ibadahnya...aamiin

    ReplyDelete