Tuesday, March 11, 2014

Healing Bara's Heart



23/11/2012 
Bara Danadyaksa baru berumur 4 bulan, namun bayi lucu ini harus merasakan selang menusuk lengannya, belum berbagai tes yang harus ia alami. Berawal dari batuk pilek, ternyata Bara diketahui memiliki kelainan jantung. Bantuin baby Bara yuk? Let's heal his heart :)

Bara, we will heal your heart :*


Sekitar sejam yang lalu @niluhwayanayu, teman saya kala bekerja di majalah Cita Cinta mention tentang Baby Bara. Di twit itu dia me-RT @zellaharnita yang berusaha mengumpulkan bantuan untuk Bara. Zella adalah sahabat Ulfa Meidiana @ulfamunthe, mama dari Bara.

Bara terlahir sebagai anak kembar dan sekarang berusia 4,5 bulan. Tanggal 20 November 2012, Mama Bara membawanya dan Dipa, saudara kembarnya ke dokter anak dengan keluhan batuk dan pilek ke RS Hermina Bekasi. Dokter mengatakan Bara biru dan sesak hingga langsung dibawa ke UGD. Saat itu, cek saturasi hanya 50% dan dimasukkan ke ICU. Di ICU, dengan bantuan oksigen 5L saturasinya cuma 70%. Melihat kondisi ini, dokter pun curiga ada kelainan jantung.

21 November, Bara ditangani dokter anak sub spesialis jantung dan dilakukan pemeriksaan echo. Dokter mengatakan Bara memiliki kelainan jantung dengan 4 kelainan (PA, VSD, MAPCAH, PDA).
23 November, Bara sudah bisa lepas dari bantuan oksigen. Ia boleh pulang karena untuk menangani kelainan jantungnya hanya bisa di RS Harapan Kita atau RSCM Jakarta. Selanjutnya, keluarga akan membawa Bara ke RS Harapan Kita.

Bara harus segera dioperasi. Segera! Karena kalau semakin lama, takutnya saluran ke jantungnya tak berfungsi lagi. Semakin cepat semakin bagus.

Biaya yang dibutuhkan untuk operasi pertama diperhitungkan kurang lebih Rp 150 juta. Perhitungan ini memang cuma kira-kira, diambil dari pengalaman sepupu Bara yang bernama Raja (anak Kakak Ulfa) yang 4 tahun lalu mengalami hal yang sama; harus operasi jantung. Saat itu biaya yang dikeluarkan hampir Rp 140 juta, belum termasuk terapi, biaya kontrol, dan lain-lain. Setelah operasi masih banyak proses yang harus dilalui.

Hingga saat ini, uang yang terkumpul baru Rp 43 juta. Kita kekurangan 107 juta lagi, teman-teman! Saya tak tahu apakah ini sudah termasuk uang deposit atau jaminan :(

Tapi setidaknya, yuk kita kumpulkan uang sebanyak itu agar Bara bisa segera diobati.
Saat menulis ini, di sebelah kanan saya tertidur anak bungsu saya, Tian, 3 thn. Ultraman yang ingin jadi pembela kebenaran ini tampak pulas dan nyenyak setelah "duel" kami agar dia mau tidur.
Tak terbayangkan perasaan Mama Bara saat ini. Mengetahui jantung anaknya bocor dan dia tak bisa segera menolongnya karena keterbatasan biaya.

Bara & Dipa, saudara kembarnya :)

Bara & Mama... Be strong, Mom *hug*

Saya mohon bantuannya... Berapapun, apapun, bantu saya, bantu selamatkan bayi mungil ini. Semoga suatu saat kelak, ketika kalian tak berdaya, akan ada tangan-tangan yang terulur tanpa ragu, seperti saat ini ketika Anda mengulurkan tangan Anda untuk bayi 4 bulan ini.

====

Bantuin yuk?
1. Bantu dana. Ini yang paling penting. Karena waktunya mendesak, semakin cepat diobati akan semakin baik. Agar bayi Bara bisa bernapas dengan normal :,) Kita sesak aja gak enak banget ya? Apalagi adek bayi yang gak bisa ngeluh langsung ;(

Ini nomor rekening Mama Bara
Ulfa Meidiana
BCA343-0968-849
Cabang BINUS, Jakarta Barat

Ini nomor rekening Papa Bara
Syidiq Nugroho
Mandiri 900-00-054-950-24
Cabang Jababeka

2. Bantu sebarkan berita. Bisa jadi kita hanya bisa menyumbang sedikit, namun teman kita ada yang punya kelebihan dana atau perlu membersihkan hartanya. Jadi, jangan letih membagikan info tentang Baby Bara melalui Twitter, FB, BBM, BBG, milis, dan lain-lain. Ingat, 1 share bisa menyelamatkan Bara :) Semangat!

3. Bantu doa. Saya percaya pada keajaiban. Dan saya percaya pada Tuhan. Dia Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Yang melipat bumi dengan tangan kanan-Nya, begitu saja. Dengan segala kebesaran-Nya, tak ada yang tak mungkin. Bantu doa. Sebut Bara Danadyaksa dalam doamu, doakan agar ia sembuh. Dikuatkan menjalani ujian ini.

Untuk update tentang Baby Bara, tolong lihat di akun Twitter @zellaharnita ya :) atau menghubungi Zella di 0857-1400-4241. Zella adalah relawan yang akan sering berhubungan dengan Bara. Saya sendiri (Azza) selain ingin menolong Bara juga masih mewakili Abi & Pak Soid yang juga ada di blog ini :) Saat blog ini ditulis, Bara sudah dibawa pulang ke rumah, karena belum ada biaya untuk perawatan lanjutan.

========

Semua cerita ini adalah benar, bukan hoax. Saya, Azza Waslati saat ini adalah konsultan kreatif untuk digital agency. Saya sebelumnya juga merupakan VP Marketing & Sales untuk Solvo (solvo.co.id), Marketing Director untuk Dealkeren.com, Creative Director untuk m-STARS, dan wartawan di Her World, Cita Cinta, MTV Trax magazine, Bintang Millenia. Mantan Penyiar radio di MGT FM Bandung, X Radio Bandung, dan produser di Hard Rock FM Bandung.

Saya meminta ijin pada @zellaharnita, sebagai relawan Baby Bara dan sahabatnya Mama Bara, untuk posting tulisan ini, dengan harapan orang-orang berhati mulia, seperti Anda bisa mendapatkan info lengkap tentang Bara (karena mengulik TL di Twitter cukup memakan waktu). Tulisan ini hasil kompilasi twit @zellaharnita dan juga masukan dari Mbak Ulfa, Mama Bara.


Let's save humanity. Show love & compassion.

------------------------------------

UPDATE

11/03/2014

Setelah tulisan tentang Bara yang saya buat pada bulan November 2012, yang terjadi adalah:
1. Kalian dengan hebatnya telah membantu mengumpulkan dana untuk operasi jantung Bara. Ya, cukup biayanya :)
2. Bara yang sempat biru karena jantungnya bocor bisa dioperasi dengan baik :) Bayi hebat ini berjuang dan bertahan.
3. Bara hidup dengan bahagia bersama saudara kembarnya; Dipa, Mamanya Ulfa, dan Papanya Syidiq. Menunggu sampai saat yang tepat dia dioperasi jantung kembali. Karena dia harus mengalami beberapa operasi lagi. Tepatnya saya tidak tahu harus berapa kali.

Bara, berbaju merah, dan kembarannya, Dipa, sebelum operasi ke-2.


Nah, beberapa minggu yang lalu, saya sempat di-mention di Twitter oleh Mama Bara, Ulfa tentang Bara yang hendak operasi ke-2. Namun karena Beliau sibuk, saya pun repot mengurus anak balada tak ada asisten rumah tangga, kami tak sempat berkabar. Baru beberapa hari yang lalu saya SMS dan kemarin dikabari bahwa Bara sudah operasi jantung lagi 13 Februari 2014 lalu, namun malamnya kritis dan harus dioperasi kembali sehari kemudian. Sesudahnya, Bara terkena infeksi paru-paru. Sekarang, sudah sebulan Bara dirawat di rumah sakit.

Melalu What's App, Ulfa bercerita bahwa ia berusaha minta keringanan biaya dari pihak RS Jantung Jakarta, Matraman. Mereka memperkirakan biaya Rp 200 juta yang mereka simpan hati-hati selama ini cukup, namun ternyata Bara harus dirawat lebih lama.

Bara, 2 minggu yang lalu, sebelum kena infeksi paru-paru

Bara, hari ini. Ah, lekas sehat, Sayang :*

Yang menggembirakan: kondisi jantung Bara sudah bagus. Dia hanya perlu pulih dari infeksi paru-parunya :) Dan inshaAllah, saya yakin Bara kuat :) Amin.

Karena itu, bantuin yuk! :)
1. Bantu doa untuk pulihnya kembali kesehatan Bara Danadyaksa anak dari Syidiq Nugroho dan Ulfa.
2. Bantu transfer berapa pun seikhlasmu. Ingat, uang cuma titipan dari Tuhan :) Penggunaannya harus kita pertanggungjawabkan. Dan selalu ada hak orang lain di sana. Bisa jadi uangmu memang titipan-Nya untuk Bara. Yuk disalurkan supaya harta kita baik dan bermanfaat.
3. Bantu sebar berita. Sebarkan link situs ini melalui sosial mediamu agar makin banyak yang tahu dan makin banyak yang bantu.

Ini nomor rekening Mama Bara
Ulfa Meidiana
BCA343-0968-849
Cabang BINUS, Jakarta Barat

Ulfa Meidiana
BNI 0282450479
Cabang Cibitung

Ini nomor rekening Papa Bara
Syidiq Nugroho
Mandiri 900-00-054-950-24
Cabang Jababeka

Let's save humanity, show love and compassion.
Bless you. Semoga bahagia hidupmu, sehat, sejahtera, berkecukupan, damai dan tak kekurangan suatu apa pun, dan begitu pun orang-orang di sekitarmu.

===================================

UPDATE

Milik Allah SWT akan kembali ke Allah SWT.
Telah berpulang ke pelukan Allah SWT, Bara Danadyaksa. Kabar diterima pagi tadi jam 02.32, 12 Maret 2014.

Mari doakan mama, papa, dan keluarga Bara diberi kekuatan dan keikhlasan melepas Bara.


21 comments:

  1. Bisa dishare ke http://sedekahrombongan.com

    semoga semakin banyak yg bantu

    ReplyDelete
  2. Cepat sembuh, Bara. Semoga melalui tulisan ini, ada banyak orang yang terketuk hatinya untuk membantu. Thank you Azza for your noble initiative. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Frangky :) Mohon bantuannya ya? Yuk, kita bantu Bara.

      Delete
  3. Kami jg dr kmren sdh share di grup FB kami "aku ingin hamil" tmpat di mana mama bara dan dipa jg menjadi member waktu usaha buat hamil...
    Mdh2an makin banyak yg bantu bara, dan bara cepet sembuh....

    ReplyDelete
  4. Betul Mitha, semoga semakin banyak yang bantu, baik materi maupun doa. Semoga Bara, Dipa dan semua anak di dunia ini sehat :) Amiiin

    ReplyDelete
  5. Mungkin bisa diupayakan dananya dari 'Dompet Duafa' yang setahu saya banyak membantu kasus-kasus sejenis. Tempatnya di Ciputat, kanan jalan dari arah Ps. Jumat di sekitar fly-pass. Tentu ada proses verifikasi, dan saya kira itu wajar.

    ReplyDelete
  6. Semoga cepet sembuh ya Bara, saya hanya bisa bantu semampu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak :) Semoga Allah SWT membalas berlimpah.

      Delete
  7. Update dari Papa Bara: Uang yang terkumpul sudah Rp 180 jutaan! Alhamdulillah... Semoga cukup ya Bara untuk operasimu yang pertama :) Menurut dokter, Bara harus cek darah dulu karena HB-nya terlalu rendah 7,9. Dokter khawatir ada kelainan darah juga. Semoga hal ini tidak terjadi supaya Bara bisa segera dioperasi dan sehat seterusnya.

    Terima kasih kepada yang telah menyumbang & mau menyumbang. Saya doakan dibalas berlimpah, diganti dengan yang jauh lebih baik, dan semoga kebaikan ini bisa melindungi dirimu & keluarga kelak.

    Bless you all *hug*

    ReplyDelete
  8. cepat sembuh yah Bara, saya hanya bisa membantu sedikit...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah..., semoga cepat diangkat semua sakit dan penyakitnya, aamiin...

    ReplyDelete
  10. cepet sembuh ya bara semoga Allah SWT meringankan segala penderitaanmu....Aamiin Ya Rabbal Alamin....

    ReplyDelete
  11. update: Bara mendapat jadwal operasi April 2013. Terlalu lama, namun sekarang sedang mencari jalan agar Bara bisa lebih cepat dioperasi.

    ReplyDelete
  12. cepat sembuh ya Bara,aq hanya bisa bantu semampu ku semoga bermanfaat ya buat adek bara dan aq sudah minta bantuan keseluruh saudara,tmn2 ku di FB untuk bisa memberi sedikit rejeki untuk Bara..sedih melihat kondisi Bara..karena aq juga punya dua anak (16bln dan 3bulan),..ada rasa tergerak dihati setelah lihat wajah bara..tante doakan selalu ya bara semoga cepat sehat dan semua dokter bisa bijak dan menyembuhkan bara..Love bara..GBU

    ReplyDelete
  13. semoga lekas sembuh ya nak..
    Tuhan sayang sama bara dan mommy nya. :)

    ReplyDelete
  14. begitu kerasnya untuk tetap mempertahankan perjuangan hidup sang anaknya ya :")

    Rumah Dijual

    ReplyDelete
  15. kami share juga ya mbak di http://ayokitasedekah.com

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Selamat jalan Bara kecil...bahagialah di surga...tenanglah kau dipelukan Tuhan...kini kau sudah tdk kesakitan lg sayang!!

    ReplyDelete